Monday, February 11, 2013

Posted by Unknown On 5:28 AM

Skill Dasar Penyiar
Seorang penyiar harus memiliki ketrampilan dasar sebelum melakukan profesinya. Tanpa ketrampilan dasar seorang penyiar seperti tanpa nyawa, siarannya garing dan membosankan, racikan musiknya tak beraturan dan nggak nyaman ditelinga pendengar, kata-katanya ngelantur ngalor ngidul, kemampuan mengenali lagu yang diputernya, tak ada sama sekali. Kalo siaran anda seperti ini, maka tamatlah riwayatmu.
Ada 3 skill dasar penyiar

Announcing Skill
Adalah kemampuan seorang penyiar berbicara, mengolah kalimat, merangkai kata demi kata menjadi kesatuan kalimat yang bermakna dan enak didengar, easy listening, menghibur, menambah wawasan pendengarnya. Kemampuan ini disebut kemampuan bertutur, adlibing, spontan dan you & me. Syaratnya anda mesti, wawasan luas (pengetahuan banyak), memiliki kosa kata yang beragam dan kalo bisa fasih mengucapkan kata-kata asing.

Operating Skill
Coba bayangkan jika anda menguasai Announcing Skill tapi tidak dibarengi penguasaan alat-alat siaran, saya pastikan siaran anda amburadul, seperti tong kosong ditendang-tendang...pating nggloprak...nggak ada seninya. Operating skill adalah kemampuan anda menguasai dan mengoperasikan properti siaran seperti mixer dan mik. Pernah anda dengar seorang penyiar yang saat komen begitu besar tapi saat muter lagu kecil volumenya, atau sebaliknya? Itu terjadi karena seorang penyiar tak memiliki kemampuan mengoperasikan alat kerjanya.

Musical Touch
Tak kalah penting bagi seorang penyiar adalah taste musiknya, harus jeli dan mampu mengkombinasi 2 skill tersebut dengan sebuah lagu, akan aneh rasanya jika gaya siaran menggebu-nggebu tapi diatas intro lagu lembut atau sebaliknya. Lebih tepatnya skill ini adalah skill bawaan yang wajib anda miliki karena sering meng update pengetahun musiknya. Sing a song anda akan terbangun dengan sendirinya jika anda hobby mendengar musik, lebih bagus lagi kalo anda punya kemampuan menyanyi.

roy

0 comments:

Post a Comment