Wednesday, January 23, 2013

Posted by Unknown On 4:22 AM

Yang Tak Tergapai

Judul            : Dia, Tanpa Aku
Pengarang    : Esty Kinasih
Penerbit        : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit  : Januari 2008
Tebal Buku    : 280 halaman

Ronald adalah seorang cowok kelas 2 SMA yang naksir berat dengan Citra yang masih duduk di kelas 3 SMP. Dia tak mau mengungkapkan perasaannya sebelum Citra masuk SMA. Ia menunggu hingga Citra masuk SMA, karena itu ia hanya bisa mengamati Citra di kejauhan.

Akhirnya saat yang paling ditunggu Ronald tiba, Citra telah menjadi cewek SMA. Namun Ronald sedikit kecewa karena ternyata Citra satu sekolah dengan Reinald, adik Ronald, bahkan satu kelas.

Segera Ronald ingin mengungkapkan perasaannya malam itu. Dengan ditemani sahabatnya, Andika, Ronald pergi ke rumah Citra dan membawa sebuket bunga mawar. Setelah turun dari mobil, Ronald segera menyeberang. Karena kegembiraannya yang tak terkira membuatnya lalai, maut tak terelakkan. Ronald tewas di tempat karena tertabrak taksi.

Reinald begitu terpukul atas kematian kakaknya, hingga ia merasa bahwa Citra lah penyebab kematian kakaknya. Hal itu membuat Reinald bersikap penuh dendam kepada Citra. Mereka kerap bertengkar tanpa Citra tahu apa penyebab pastinya.

Keadaan berubah setelah Citra tak menghiraukan segala tingkah Reinald. Kediaman Citra membuat Reinald berada dalam posisi yang sama dengan Ronald. Akhirnya Reinald tak lagi ingin menjaga Citra demi almarhum kakaknya. Ia mencintai Citra.

Akhirnya Reinald semakin dekat dengan Citra. Tapi ia selalu ingat pada abangnya, hingga ia berusaha menghindari Citra. Citra bingung dan merasa kesepian. Akhirnya Reinald tersadar bahwa bukanlah Citra penyebab kematian Ronlad.

Reinald mengajak Citra pergi ke makam Ronald dan menceritakan segalanya. Citra hanya diam membungkam. Mereka pun hanya bisa mendoakan seseorang yang telah dipeluk bumi itu.

Novel ini sungguh menarik walaupun terlihat simpel dari judulnya. Namun kisah cinta dalam novel ini begitu penuh kejutan dan hal-hal yang tak terduga. Selain itu pemilihan kata yang tepat mampu membuat pembaca ikut terbawa dalam alur cerita yang sungguh menarik.

Hampir tidak terdapat kekurangan dalam novel ini. Tapi akan lebih baik jika akhir cerita diberi sedikit unsur kejutan.

0 comments:

Post a Comment