Tuesday, January 29, 2013

Posted by Unknown On 4:28 PM
Banjir : Agenda Tahunan Ibukota

Banjir kembali melanda Jakarta. Hal ini sungguh memprihatinkan mengigat banjir di ibukota telah menjadi agenda tahunan setiap musim penghujan tiba. Selain itu, banjir di Jakarta telah menelan banyak korban jiwa yang didominasi oleh anak-anak di bawah umur.

Memang faktor iklim merupakan salah satu penyabab terjadinya berbagai bencana yang melanda negara kita, seperti banjir dan tanah longsor. Tetapi faktor manusialah yang menjadi penyebab utama terjadinya banjir di ibukota. Sebagai contoh, kita tengok jumlah pintu air untuk mengatur jumlah air di Batavia (sekarang Jakarta). Sistem tersebut dibuat semirip mungkin dengan yang ada di ibukota Belanda agar mampu menanggulangi datangnya banjir. Tetapi sekarang pintu air tersebut hanya tinggal 26 buah saja karena telah tergusur oleh proyek pembangunan perumahan dan bangunan lainnya. Selain contoh tersebut, masih banyak lagi ulah tangan manusia yang menjadi penyebab utama terjadinya banjir di Jakarta.

Perlu langkah jitu seperti pengelolaan saluran air yang baik, menjaga hutan dari penebangan liar, menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan. Menyelesaikan permasalahan banjir memang tidak semudah membalikkan telapak tangan tetapi diperlukan tanggung jawab bersama. Keseimbangan lingkungan terjadi jika kita hidup serasi dengan lingkungan dan menjaganya demi anak cucu kita kelak.

0 comments:

Post a Comment