Tuesday, January 15, 2013

Posted by Unknown On 4:35 PM
Sepucuk Surat Terakhir


Judul          : Surat Kecil untuk Tuhan
Penerbit     : Inandra Publisher
Penulis       : Agnes Davonar
Tebal buku : 232 halaman

Novel "Surat Kecil untuk Tuhan" ini di tulis oleh Agnes Davonar. Ia berkesempatan untuk menulis novel ini berdasarkan kisah nyata seorang gadis yang menderita kanker jaringan lunak.

Gita Sesa Wanda Cantika, seorang gadis remaja berumur 13 tahun ini lebih dikenal dengan panggilan Keke. Ia tinggal bersama ayah dan seorang kakak laki-lakinya karena orang tuanya memang telah bercerai. Hingga suatu hari ia merasakan sakit pada mata kanannya. Ternyata bukan sakit mata biasa, bukan juga sinus, melainkan kanker jaringan lunak (Rabdomiosarkoma).

Hari-hari terus berlalu, wajah Keke pun mulai muncul tonjolan. Semakin hari tonjolan itu kian membesar.  Hal itu membuat Keke sedikit demi sedikit kehilangan indra penciuman dan penglihatannya serta kepekaanya. Namun Keke tidak begitu saja kehilangan semangatnya dalam belajar.

Berbagai usaha telah dilakukuan ayah Keke. Mulai dari pengobatan alternatif hingga kemoterapi. Kanker tersebut sempat dinyatakan bersih dari tubuhnya. Namun selang beberapa bulan kanker itu kembali bersarang di wajah Keke. Kanker itu semakin ganas dengan penyebarannya yang tak terelakkan.

Karena penyakit itu membuat Keke semakin menderita, akhirnya Tuhan memanggilnya. Tak ada yang abadi.

Kelebihan novel ini terletak pada pemilihan kata yang berhasil membuat ribuan air mata menetes. Selain itu, kisah nyata Keke ini dikemas dengan struktur bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami.

Hampir tak ada kekurangan pada novel ini. Namun, akan lebih menarik jika novel ini dilengkapi dengan foto-foto Keke saat dia bahagia dan menderita.

0 comments:

Post a Comment