Tuesday, January 15, 2013

Posted by Unknown On 4:58 PM

Si Jenius Musik

Judul      : Siapakah Wolfgang Amadeus Mozart?
Penerbit : Grosset & Dunlap
Penulis   : Yona Zeldis McDonough
Tebal     : 112 halaman

Wolfgang Amadeus Mozart lahir pada tanggal 27 Januari 1756 di Salzburg, Australia. Dia hanya mempunyai seorang kakak perempuan bernama Maria Anna yang juga berbakat dalam musik.



Pada usia 3 tahun (1759) Wolfgang mulai memainkan alat musik clavier (alat musik kuno yang berdawai sekaligus memiliki keyboard). Setahun kemudian ia mulai menunjukkan bakatnya dalam mengubah melodinya yang pertama.



Tahun 1762 Wolfie (panggilan untuk Wolfgang) belajar sendiri untuk bisa bermain biola. Pada tahun yang sama, dia dan kakaknya diundang untuk bermain musik di hadapan Permaisuri Theresa di Wina. Permaisuri pun kagum dibuatnya.



Saat Mozart telah berhasil menggubah sebuah simfoni di Paris, ibunya meninggal. Mozart pun beranjak dewasa dan ia jatuh cinta pada anak seorang pemusik, Aloysia Weber, namun ayahnya tidak menyetujui. Pada akhirnya dia menikah dengan Constenze Weber, adik dari Aloysia Weber, pada tahun 1782. Lagi-lagi ayah Mozart, Leapold, tidak merestuinya.



Mozart dikaruniai dua orang anak yang bernama Karl Thomas dan Franz Xaver. Mozart pun mengajari mereka bermain clavier dan menyanyi.



Untuk menafkahi keluarganya, Mozart menulis opera. Karya opera tersuksesnya adalah "The Marriage of Figar" di Wina tahun 1787. Pada tahun yang sama ayahnya meninggal.



Semakin hari kesehatan Mozart kian tak baik. Ia sering jatuh sakit, hingga pada tanggal 5 Desember 1791 ia meninggal di usianya yang  baru 32 tahun. Mozart dimakamkan di Marx Cemeteri (± 3 mil dari Wina).



Wolfgang Amadeus Mozart telah menggubah lebih dari 600 karya musik, jumlah yang sangat mengagumkan bagi seorang penggubah lagu. Walaupun hidupnya berlangsung amat singkat, musiknya akan tetap abadi.

0 comments:

Post a Comment